10.12.2010

Arti Penting Organisasi

Pengertian organisasi itu sendiri adalah sekelompok individu yang memiliki tujuan atau misi untuk menampung pikiran atau pendapat yang tidak sama. Menurut Ernestdale organisasi adalah suatu proses perencaan yang meliputi penyusunan pengembangan dan pemeliharaan suatu struktur atau pola hubungan-hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu kelompok kerja. Dan pada hakekatnya organisasi adalah adanya orang-orang yang usahanya harus di koordanasikan tersusun dari sejumlah subsistem yang saling berhubungan yang saling bergantung bekerja bersama atas dasar pembagian kerja peran dan wewenang serta mempunyai tujuan tertentu yang hendak di capai.Alasan kenapa organisasi itu penting, yaitu :
1. Organisasi adalah bagian dasar kehidupan panitia yang mencangkup aspek masyarakat sekarang, kompleksitas kehidupan modern membuat kita bergantung kepada beberapa organisasi.
2. Dengan mempelajari organisasi kita akan dapat secara lebih baik mengembangkan pemahaman kita terhadap bagaimana organisasi beraksi dan banyak cara dengan mana orang dapat merancang atau menyusun.
3. Studi orang yang memiliki nilai praktis sangat besar baik untuk para manager sekarang atau dimasa depan.

berikut ini adalah unsur-unsur penting dalam organisasi :
yang pertama adalah Manusia(man), dalam keorganisasian, manusia sering disebut sebagai pegawai atau personel yang terdiri dari semua anggota organisasi tersebut yang menurut fungsidan tingkatannyaterdiri dari pimpinan(administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, manajer yang memimpin tiap-tiap satuan unit kerja yang sudah dibagikan sesuai dengan tugas dan fungsinya, dan para pekerja.
yang kedua adalah Kerjasama(team work), suatu kegiatan bantu-membantu antar sesama anggota oeganisasi yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. oleh karena itu, anggota organisasi dibagi menjadi beberapa bagian sesuai fungsi, tugas dan tingkatannya masing-masing.
ketiga Tujuan bersama , adalah arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan merupakan titik akhir dari apa yang diharapkan atau dicapai dalam organisasi. Setiap anggota sebuah organisasi harus mempunya tujuan yang sama agar organisasi tersebut dapat berjalan sesuai dengan keinginan bersama.
keempat Peralatan(equipment), segala sesuatu yang digunakan dalam organisasi seperti uang, kendaraan, gedung, tanah dan barang modal lainnya.
kelima Lingkungan(environtment), yang termasuk kedalam unsur lingkungan adalah : a. kondisi atau situasi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi berjalannya organisasi karena kondisi atau situasi sangat dekat hubungannya dengan organisasi dan anggotanya. b. tempat atau lokasi, karena mempengaruhi sarana transportasi dan komunikasi. c. Wilayah operasi yang dijadikan sarana kegiatan organisasi, wilayah operasi dibagi menjadi empat, yaitu wilayah kegiatan,wilayah jangkauan, wilayah personil, wilayah kewenangan atau kekuasaan.
keenam Kekayaan alam, yang dimaksud adalah cuaca, keadaan geografis, flora, fauna dll.
dan yang ketujuh Kerangka/kontruksi mental organisasi itu sendiri.

ada pula ciri-ciri dari organisasi, yaitu :

- Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
- Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
- Adanya tujuan
- Adanya sasaran
- Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
- Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas

jadi organisasi itu sangat penting maknanya,banyak masyarakat yang bergantung pada organisasi,dan organisasi dapat membangun kepribadian seseorang menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar